Social Icons

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Jumat, 22 Februari 2013

5Cerita Dibalik Lambang Zodiak


Secara etimologi, zodiak berasal dari kata latin zoodiacos cyclos yang berarti lingkaran hewan. Oleh karena itu, tidak heran bila sebagian zodiak dilambangkan oleh beberapa jenis binarang. Sementara berdasarkan definisinya, zodiak merupakan suatu siklus tahunan dari 12 wilayah sepanjang lingkaran ekliptik, yaitu suatu pola lintasan perubahan posisi matahari di angkasa yang terbentuk karena lingkaran ekliptik ini dibagi oleh gugus-gugus bintang menjadi 12 area dengan ukuran busur yang sama. Berikut uniknya.com merangkum 5 cerita di balik lambang zodiak:

1. Gemini
Konstelasi Gemini diciptakan oleh Zeus, pemimpin para dewa Yunani. Selain sebagai rajanya para dewa, Zeus juga terkenal mata keranjang. Ia bahkan jatuh cinta pada Ratu Leda dari Sparta, yang merupakan istri Raja Tyndareus. Ratu Leda kemudian melahirkan dua butir telur, yang dari dalamnya menetaslah empat bayi, Clytaemnestra, Castor, Pollux, dan Helen.
Lytaemnestra dan Castor adalah putrid dan putra raja Tyandareus sehingga mereka tidak abadi dan bisa mati, sedangkan Pollux dan Hellen adalah benih Zeus atau Jupiter sehingga bisa hidup selamanya. Castor dan Pollux yang merupakan saudara lain bapak tumbuh besar dan saling menyayangi. Namun, dalam sebuah pertempuran, Castor tewas di tangan musuh.
Pollux yang tidak bisa menerima kematian saudaranya, memohon kepada Zeus untuk membiarkannya mati sehingga dapat bertemu dengan saudaranya. Zeus akhirnya setuju, melihat kesetiaan Pollux kepada saudaranya, Zeus terharu dan mengangkat keduanya ke langit menjadi konstelasi agar abadi di langit sebagai bintang pollux dan castor yang ada di rasi gemini.
2. Cancer
Cancer merupakan kepiting raksasa yang dikirim oleh Juno untuk membantu Hydra membunuh Hercules yang sedang melaksanakan tugas keduanya dari Raja Eurystheus dari Mycaena untuk memusnahkan Hydra, monster beracun berkepala Sembilan dari rawa-rawa Lerna.
Ketika Hercules sendang bertarung dengan Hydra, tiba-tiba ada benda tajam mencapit kakinya, ternyata seekor kepiting raksasa. Karena sangat merah, Hercules menghancurkan tubuh kepiting itu.
Juno yang merasa kecewa karena tujuannya membunuh Hercules tidak terlaksana, tetap menghargai kesetiaan makhluk kirimannya, sehingga kemudian mengangkat tubuh kepiting itu ke angkasa dan menjadikannya rasi bintang cancer.
3. Leo
Hercules selalu dibayang-bayangi kebencian Hera, ibu tirinya. Bahkan, akibat termakan tipu daya Hera, Hercules sampai membunuh tiga anaknya. Untuk menebus kesalahannya, Hercules diharuskan mengabdi kepada Raja Eurystheus dari Mycaena.
Sang raja kemudian memberikan 12 tugas berat yang harus dilaksanakan Hercules. Tugas yang pertama adalah membunuh singa nemea, yang selama bertahun-tahun telah meneror penduduk Nemea. Banyak penduduk Nemea yang menjadi korban sehingga penduduk Nemea selalu dihantui ketakutan.
Hercules pun bertarung dengan singa yang memiliki kulit tebal dan kuat sehingga tidak bisa ditembus oleh senjata apapun. Namun, Hercules berhasil membunuh singa tersebut dengan mencekiknya. Setelah itu, Hercules menguliti singa itu dengan kuku-kuku singa itu sendiri dan menjadikannya jubag pelindung yang sangat kuat.
4. Virgo
Virgo merupakan jelmaan seorang Dewi yang sangat cantik bernama Dewi Astrea. Wanita cantik ini merupakan putri raja para Dewa, Zeus dengan Dewi Themis yang mitologi Romawi disebut Justitia atau Dewi Keadilan.
Pada zaman emas dan dunia belum mengenal dosa, hubungan manusia dengan dewata sangatlah harmonis. Para Dewa hidup di antara manusia di bumi. Sayang sekali hubungan ini kemudian rusak oleh dosa sehingga dewata tidak lagi berkenan tingal di antara manusia. merekapun meninggalkan bumi untuk tinggal di langit.
Astrea adalah dewi terakhir yang meninggalkan bumi untuk tinggal di langit di antara bintang-bintang, menjadi rasi bintang virgo, sang perawan, karena Astrea bersumpah untuk tetap jadi perawan sebagaimana keinginan ibunya sebelum dipersunting Jupiter.
Versi lain menyatakan bahwa rasi bintang virgo adalah jelmaan dari Justitia sendiri dan bukan Astrea, karena itu dalam urutan berikutnya adalah rasi bintang libra yang merupakan penjelmaan timbangan yang dibawa oleh Justitia sebagai Dewi Keadilan.
5. Libra
Zodiak libra selalu digambarkan dengan timbangan. Ada yang menyebut libra merupakan penjelmaan dari timbangan Dewi Themis atau Dewi Justitia. Dewi Justitia merupakan salah satu dari 12 putra-putri Dewi Gaia atau Dewi Bumi dengan Dewa Ouranus atau Dewa Langit.
Dewi Thenis merupakan hukum alam yang mengatur kemanusiaan. Dewi Themis melambangkan keteraturan, peraturan, hukum, dan adat kebiasaan. Dewi mitologi ini merupakan sosok keadilan yang diimpikan manusia di muka bumi. Para penganut neo-pagan memujanya sebagai Dewi Kebajikan dan Keadilan. Bahkan ada yang menganggapnya berperan dalam kehidupan setelah mati. Dialah Dewi yang menimbang kebaikan dan keburukan manusia.
Dalam pengambaran, Dewi Themis membawa timbangan di tangan kiri dan pedang bermata dua di tangan kanannya. Selain itu, ia juga mengenakan pentup mata sebagai simbol objektivitas dan keadilannya. Selain itu, ia juga mengenakan penutup bulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang Di Blog Kami

 
Selamat Datang Di Blognya Orang Desatunahan.Semoga Blog Ini Bermanfaat Untuk Anda, Dengan Info-info Yang Kami Berikan. Semoga Saya Sukses, Dan Andapun Sukses Juga.Amiiin!!